Suplemen Zinc: Jenis, Manfaat, Dosis, & Keamanannya

sfidn.com – Zinc adalah zat gizi mikro yg sangat dibutuhkan buat mendukung hampir setiap aspek kesehatan Anda. Mineral seng ini jua termasuk sebagai trace mineral yg paling melimpah pada tubuh Anda sesudah zat besi.

Meski zinc bisa diperoleh berdasarkan makanan, Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk suplemen ketika pada kondisi khusus, misalnya buat mengobati banyak sekali penyakit.

Berbagai studi sudah mengambarkan bahwa zinc bisa mempertinggi kekebalan tubuh, menstabilkan kadar gula darah, serta membantu menjaga kesehatan kulit, mata, & jantung Anda.

Saat Anda memilih suplemen seng, Anda mungkin akan melihat ada banyak jenis yg tersedia. Berbagai bentuk seng ini berdampak pada kesehatan Anda dengan cara yg berbeda.

Berikut beberapa jenis suplemen zinc yang terdapat di pasaran:Zinc gluconate: suplemen seng yang dijual bebas, acapkali dipakai buat mengobati flu, seperti semprotan hidung & pelega tenggorokan.Zinc acetate: acapkali ditambahkan ke tablet hisap dingin buat mengurangi gejala dan mempercepat pemulihan.Zinc sulfate: membantu mencegah kekurangan seng & mengurangi keparahan jerawat.Zinc picolinate: dapat diserap lebih baik daripada jenis seng lainnya, termasuk seng glukonat dan seng sitrat.Zinc orotate: terikat dalam asam orotic & termasuk yg paling generik pada pasaran.Zinc citrate: dapat diserap menggunakan baik, seperti seng glukonat, tetapi mempunyai rasa yang kurang pahit dan lebih menarik.

Zinc gluconate merupakan salahsatu bentuk zinc yg paling banyak tersedia & hemat porto, sehingga dapat menjadi pilihan yg baik buat membantu mempertinggi asupan harian Anda tanpa membobol kantong.

Hindari mengonsumsi suplemen zinc gluconate dengan makanan tinggi kalsium atau fosfor, karena bisa mengurangi taraf penyerapannya dalam tubuh. Makanan tinggi kalsium atau fosfor termasuk susu, yogurt, keju, es krim, kacang polong, lentil, kacang-kacangan, selai kacang, arak, minuman ringan, & cokelat panas.

apabila Anda ingin & bisa buat berinvestasi lebih poly, maka zinc picolinate bisa menjadi pilihan terbaik, karena bisa diserap menggunakan lebih baik.

Para pakar kesehatan telah meneliti bahwa seng sangat krusial buat poly aspek kesehatan Anda, yaitu:1. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

apabila Anda perhatikan, poly sekali obat bebas & pengobatan alami yg mengandung seng, lantaran kemampuannya buat menaikkan kekebalan tubuh. Ini karena zinc memiliki sifat antioksidan, yang bisa mengurangi peradangan dan melindungi Anda berdasarkan penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.2. Membantu mengontrol gula darah

Manfaat suplemen zinc juga populer dalam kontrol gula darah dan sekresi insulin, yaitu hormon yg bertanggung jawab buat mengangkut gula menurut aliran darah ke jaringan Anda. 

Menurut penelitian, zinc dapat menaikkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan mengurangi resistensi insulin. Pada akhirnya, ini dapat menaikkan kemampuan tubuh untuk memakai insulin secara efisien, sehingga mampu mempertahankan gula darah normal.tiga. Membantu melawan jerawat

Manfaat zinc yang satu ini juga sayang sekali dilewatkan begitu saja. Mengonsumsi suplemen zinc juga bisa meningkatkan kesehatan kulit & mengobati perkara kulit generik, seperti jerawat.

Beberapa penelitian jua sudah menunjukan bahwa seng bisa membantu mengurangi gejala jerawat parah & efektif mengobati jerawat yg meradang.4. Meningkatkan kesehatan jantung

Seperti yg kita ketahui, penyakit jantung adalah salahsatu kasus kesehatan yg serius. 

Menurut penelitian, suplemen zinc bisa membantu menurunkan kadar kolesterol-LDL (dursila), kolesterol total, & trigliserida darah, sebagai akibatnya dapat melindungi kesehatan jantung Anda dengan baik.

Tak hanya itu, asupan seng yg lebih tinggi jua telah dikaitkan dengan tekanan darah sistolik yg lebih rendah. Tetapi, penelitian yg meneliti efek suplemen dalam tekanan darah masih terbatas.

Ada pula penelitian yg menampakan bahwa rendahnya kadar seng pada serum dapat menaikkan risiko penyakit jantung koroner, namun temuan ini masih belum meyakinkan.5. Memperlambat degenerasi makula terkait usia (AMD)

Degenerasi makula terkait usia (AMD)  adalah keliru satu penyebab utama kehilangan penglihatan di semua global & termasuk penyakit mata yang generik. 

Nah, suplemen seng bisa memperlambat perkembangan penyakit ini & membantu mengurangi risiko kebutaan.

Tetapi, ada juga penelitian yg menyarankan bahwa suplemen saja mungkin nir relatif dan wajibdisertai jua dengan pilihan perawatan lain buat memaksimalkan hasilnya.Dosis

Secara umum, berapa dosis yg harus Anda konsumsi pada sehari tergantung dalam jenis suplemen sengnya, karena setiap suplemen mengandung jumlah unsur seng yang tidak sinkron.

Misalnya, zinc sulfate terdiri atas kurang lebih 23% unsur seng. Jadi, 220 mg zinc sulfate setara menggunakan kurang lebih 50 mg seng. Jumlah ini umumnya tercantum pada label suplemen, sebagai akibatnya gampang buat memilih berapa banyak yang harus dikonsumsi buat memenuhi kebutuhan harian.

Adapun jumlah kebutuhan seng harian buat orang dewasa yg disarankan lebih kurang 15-30 mg.

Dalam takaran tinggi, terdapat potensi imbas samping yg bisa terjadi, sebagai akibatnya sangat disarankan nir melebihi 40 mg per hari, kecuali di bawah supervisi medis.Keamanan dan pengaruh samping

Suplemen zinc aman dan efektif untuk meningkatkan kesehatan Anda apabila dipakai sinkron menggunakan petunjuk label kemasannya. 

Namun, beberapa potensi efek sampingnya permanen ada, termasuk mual, muntah, diare, & sakit perut. apabila Anda melebihi 40 mg seng per hari, maka bisa mengakibatkan tanda-tanda, misalnya flu, sakit kepala, demam, batuk, & kelelahan. Seng pula dapat mengganggu penyerapan mineral tembaga, yang berpotensi mengakibatkan kekurangan mineral ini dari waktu ke ketika. Selain itu, suplemen zinc juga sudah terbukti mengganggu penyerapan antibiotik tertentu dan mengurangi efektivitasnya apabila dikonsumsi secara bersamaan.

Untuk mengurangi risiko efek samping ini, patuhi dosis yg dianjurkan dan hindari mengonsumsinya melebihi batas atas yg dapat ditoleransi, yaitu 40 mg per hari, kecuali pada bawah pengawasan medis.

Suplemen zinc dapat Anda temukan pada bentuk kapsul, tablet, & permen. Adapun semprotan hidung yg mengandung seng wajibdihindari, lantaran sudah dikaitkan menggunakan anosmia atau hilangnya penciuman.

Jika Anda mengalami pengaruh samping negatif setelah mengonsumsi suplemen zinc, cobalah untuk mengurangi takaran Anda & pertimbangkan buat berkonsultasi menggunakan dokter apabila gejala berlangsung usang.

— Related Article —Referensi:Alexander TH, Davidson TM. 2006. Intranasal zinc and anosmia: the zinc-induced anosmia syndrome. Laryngoscope. 116 (2): 217-20. Drugs.com (2021). Zinc Gluconate.Healthline (2019). What Are Zinc Supplements Good For? Benefits and More.Mayo Clinic (2020). Zinc.Medical News Today (2021). What are The Health Benefits of Zinc?Michigan Medicine (2010). Zinc Gluconate.Wikipedia. Zinc Gluconate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *