Ketahui Cara Jilid Soft Cover di Percetakan Buku

Menjilid buku dikatakan sebagai cara untuk menggabungkan antar lembar halaman memakai bahan perekat seperti lem dan isolasi. Salah satu sampul yang cukup sering dipilih di tempat cetak buku murah adalah soft cover. Lantas bagaimana proses pengerjaannya?

3 Cara Jilid Soft Cover Agar Kuat

Tujuan dilakukan penjilidan oleh petugas cetak buku murah adalah agar seluruh lembaran tidak mudah hilang, sobek dan lepas. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa proses ini sebenarnya terbagi menjadi dua jenis yakni hard dan soft cover. Berikut ini proses pengerjaannya:

  1. Menyiapkan Bahan Penjilidan

Langkah pertama yang harus disiapkan adalah bahan-bahan untuk penjilidan. Sebelum datang ke tempat menjilid, Anda harus menyelesaikan seluruh proses percetakan sehingga semua lembar telah tercetak dengan sempurna menjadi naskah atau dokumen.

Beberapa bahan yang bisa disiapkan sebelum proses penjilidan adalah seluruh lembar halaman, kertas karton tebal sebagai material sampul. lem perekat, penjepit klip dan masih banyak lagi. Tentunya akan disesuaikan dengan metode menjilidnya.

  1. Meletakkan Sampel di Sisi Lembaran yang Dijilid

Langkah berikutnya yakni meletakkan sampel di sisi lembaran yang akan dijilid. Usahakan bahwa ukurannya sama dengan semua halaman sehingga terlihat rapi. Jadi sesuaikan ukuran dari sampul terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk memberikan sedikit ruang sebagai area pemberian lem perekat guna merekatkan seluruh lembar kertas. Langkah ini seringkali dilupakan oleh petugas penjilidan sehingga terlihat kurang rapi setelah direkatkan.

  1. Press dengan Klip dan Lem Perekat

Setelah Anda meletakkan sampul pada halaman yang dijilid, berikutnya siap untuk di-press menggunakan penjepit klip. Pastikan untuk merekatkan dengan kuat dan tidak ada ruang di antara setiap lembar bukunya.

Langkah terakhir, bisa menambahkan lem perekat di sela-sela kertas yang sudah dijepit menggunakan penjepit klip sebelumnya. Gunakan lem besi, lem tembok atau paling sering digunakan adalah lem panas karena diakui mampu merekatkan dengan sangat kuat.

Dalam proses pengerjaan di cetak buku murah, ada tiga langkah utama dalam menyelesaikan penjilidan menggunakan soft cover. Jenis sampul ini memiliki keunggulan tersendiri jika Anda membandingkannya dengan hard cover sehingga dapat dijadikan sebagai pertimbangan memilihnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *