Definisi, Struktur, Fungsi, Manfaat, Kekurangan, Suplemen Dan Toksisitas – Belajarbacaandoa.com

asepKomentar Dinonaktifkan dalam Isoleusin: Definisi, Struktur, Fungsi, Manfaat, Kekurangan, Suplemen & Toksisitas

14 Desember 2021

Isoleusin: Definisi, Struktur, Fungsi, Manfaat, Kekurangan, Suplemen dan Toksisitas

Ini merupakan asam amino yang ditemukan pada sebagian akbar protein dan sangat krusial dalam kuliner insan.

Seiring menggunakan treonin, isoleusin adalah keliru satu berdasarkan dua asam amino umum yang mempunyai rantai samping kiral; yaitu, yang nir bisa ditumpangkan pada bayangan cerminnya.

Dengan rantai samping hidrokarbon, isoleusin diklasifikasikan sebagai asam amino hidrofobik.

Isoleusin mirip dengan leusin & valin pada hal sebagai asam amino rantai cabang dan yg akumulasi pada darah dan urin, karena kekurangan tertentu berdasarkan enzim, menyebabkan gangguan metabolisme yang parah, yg dikenal menjadi penyakit urin menurut sirup maple .

Pada manusia, isomer L isoleusin adalah salahsatu dari 20 asam amino standar generik pada protein hewani & diharapkan buat fungsi normal pada insan.

Valin jua diklasifikasikan sebagai “asam amino esensial” lantaran tidak dapat disintesis oleh tubuh insan menurut senyawa lain melalui reaksi kimia dan oleh karenanya wajibdiserap dari kuliner.

Orang mempunyai tanggung jawab langsung untuk menunjukkan disiplin pada kebiasaan makan mereka buat mendapatkan jumlah asam amino esensial yg relatif.

Dalam kasus isoleusin, ini berarti memasukkan kuliner misalnya telur, ayam, kedelai, keju cottage, susu, biji nanas, kacang mete, sereal, dll. pada kuliner.

Pentingnya diet sangat krusial pada perkara mereka yang menderita gangguan defisiensi metabolik (penyakit urin sirup maple), buat menerima kadar isoleusin minimum tanpa mengonsumsi terlalu poly buat menghindari gejala penyakit.

Ketepatan & koordinasi kompleks pada alam semesta terungkap pada peran isoleusin dalam protein.

Struktur isoleusin membuatnya krusial untuk pelipatan protein yg sahih, yg manfaatnya bergantung pada kemampuan buat melipat sebagai bentuk tiga dimensi yang sempurna.

Kode tiga huruf buat isoleusin merupakan Ile, kode satu hurufnya merupakan I, & nama sistematiknya merupakan asam 2-amino-3-metilpentanoat (IUPAC-IUB 1983).Struktur

Dalam biokimia, kata asam amino tak jarang digunakan buat merujuk secara spesifik dalam asam amino alfa, asam amino yg gugus amino & karboksilatnya terikat dalam karbon yang sama, yang diklaim karbon (karbon alfa).

Struktur generik asam amino alfa ini adalah:

Dimana R mewakili rantai samping spesifik buat setiap asam amino.

Sebagian akbar asam amino ditemukan dalam dua kemungkinan isomer optik, yang dianggap D dan L.

Asam amino L mewakili sebagian besarasam amino yang ditemukan pada protein. Mereka dianggap asam amino proteinogenik.

Seperti yg disarankan sang nama “proteinogenic” (secara harfiah, pembentukan protein), asam amino ini dikodekan sang kode genetik baku dan terlibat pada proses sintesis protein.

Tetapi, isoleusin merupakan keliru satu berdasarkan 2 asam amino umum (bersama dengan treonin) yang mempunyai rantai samping kiral.

Empat stereoisomer isoleusin dimungkinkan, termasuk dua kemungkinan diastereomer L-isoleusin.

Namun, isoleusin yang terjadi secara alami terdapat pada bentuk tertentu, asam (2S, 3S) -dua-amino-3-methylpentanoic.

Hanya bentuk ini yg terlibat pada buatan protein.

Stereoisomer memiliki molekul menggunakan rumus kimia yg sama dan konektivitas atomnya sama, tetapi susunan atomnya pada ruang berbeda.

Diastereomer adalah dua stereoisomer yg bukan bayangan cermin satu sama lain.

Rumus kimia isoleusin adalah CH2-CH3-CH (CH3) -CH, atau lebih generik C6H13NO2 (IUPAC-IUB 1983).

Isoleusin adalah isomer, yang mempunyai rumus kimia yang sama namun menggunakan susunan atom yang berbeda.

Seperti leusin dan valin, isoleusin mempunyai rantai samping hidrofobik alifatik yang akbar.

Molekulnya kaku, & interaksi hidrofobik timbal baliknya krusial untuk pelipatan protein yang benar, asam amino ini cenderung berada pada dalam molekul protein.

Isoleusin umumnya tertarik pada rantai samping hidrofobik yg serupa, misalnya leusin, valin, triptofan, & fenilalanin.

Fungsionalitas protein ditentukan sang pelipatannya menjadi konfigurasi tiga dimensi yg tepat.Penyakit urin sirup maple

Maple Syrup Urine Disease (MUSD ) merupakan gangguan metabolisme autosomal resesif (diwariskan) menurut metabolisme asam amino.

Disebut pula ketoasiduria rantai cabang.

Asidopati asam amino ini ditimbulkan oleh defisiensi enzim metabolisme rantai cabang -keto acid dehydrogenase yg menyebabkan akumulasi asam amino rantai cabang isoleusin, leusin, & valin dalam darah & urin.

MSUD ditandai dengan urin berbau anggun misalnya sirup maple.

Bayi dengan penyakit ini tampak sehat ketika lahir, tetapi jika tidak diobati, mereka menderita kerusakan otak parah dan akhirnya mangkat .

Karena dampak bottleneck genetik, MSUD memiliki prevalensi yang jauh lebih tinggi pada anak-anak keturunan Amish & Mennonite.

Sejak usia dini, syarat tersebut ditandai menggunakan gizi jelek, muntah-muntah, kurang tenaga (indolen), kejang, dan gangguan kesehatan mental.

Urin bayi yg terkena mempunyai bau anggun yg khas, seperti karamel yg dibakar yg memberi nama syarat tadi.

Pengobatan MSUD, seperti diabetes, memerlukan pemantauan kimia darah yg cermat dan mencakup diet khusus & pengujian yang sering.

Diet dengan kadar minimal asam amino isoleusin, leusin, & valin harus dipertahankan untuk mencegah kerusakan neurologis.

Biasanya pasien atau orang tua pasien dibantu oleh dokter atau ahli gizi. Diet ini harus dipatuhi secara ketat dan permanen.

Tetapi, menggunakan perawatan yg sempurna, mereka yg terkena dapat hayati sehat & normal dan nir menderita kerusakan saraf parah yg sebagai karakteristik penyakit ini bila nir diobati.FungsiProteinogenesis:

Salah satu fungsi primer isoleusin adalah proteinogenesis pada tubuh, yg berarti beliau adalah bahan penyusun protein yang diproduksi oleh sel-sel tubuh Anda.

Anda nir dapat membuat protein struktural dan fungsional yg bergantung pada tubuh Anda (termasuk protein yg membangun otot, antibodi yg digunakan sang sistem kekebalan Anda, dan berbagai hormon) tanpa isoleusin.

Isoleusin merupakan asam amino esensial, yg berarti Anda harus mengkonsumsinya, lantaran tubuh tidak dapat membuatnya dari molekul lain.Energi:

Penggunaan krusial lainnya dari isoleusin dalam tubuh adalah produksi energi.Isoleusin terurai menjadi molekul yg diklaim asetil-KoA, yang adalah molekul yang sama yg terbentuk saat Anda memecah gula.

Kemudian membakar lebih poly asetil-KoA untuk membuat karbon dioksida, oksigen, & sejumlah besarenergi.

Ini jua bisa membentuk lemak menurut asetil-KoA, yang berarti bahwa kelebihan isoleusin dalam kuliner, seperti nutrisi lain yg menaruh energi berlebih, dapat mengakibatkan penyimpanan lemak tubuh.Penggunaan lainnya:

Anda juga bisa memakai isoleusin untuk menciptakan dua jenis molekul lain: badan glukosa & keton.

Glukosa, atau gula darah, umumnya berasal berdasarkan karbohidrat pada kuliner Anda.

Tetapi, bila Anda mempunyai terlalu sedikit gula pada darah Anda, sel-sel Anda berpartisipasi dalam proses yg diklaim glukoneogenesis.

Anda nir sanggup mendapatkan glukosa dari lemak, tetapi Anda sanggup mendapatkan glukosa berdasarkan beberapa asam amino, termasuk isoleusin.

Badan keton merupakan molekul penyedia energi yang umumnya diproduksi di beberapa organ tubuh, termasuk jantung.Manfaat isoleusinPerforma fisik yg lebih baik:

Atlet memakai asam amino ini buat mengurangi kerusakan otot dan protein selama latihan fisik yang intens dan buat meningkatkan kinerja latihan.

Selain itu, dipakai menjadi bahan bakar sang sel otot, mencegah asam amino esensial lainnya terbakar.

Ini merupakan salahsatu alasan penting mengapa dianjurkan buat makan kuliner eksklusif sebelum berolahraga.Mempromosikan pertumbuhan yang sehat:

Asam amino ini baik buat pertumbuhan remaja dan anak-anak karena sangat penting buat pertumbuhan yang sehat.

Lebih krusial lagi, dosis tambahan asam amino ini bisa sangat membantu dalam mempromosikan pemugaran jaringan selesainya stress berat atau pembedahan.SumberProduk kedelai:

Produk kedelai memperlihatkan sumber protein yang unik lantaran adalah satu-satunya kuliner botani yang mengandung protein lengkap nutrisi.

Semua protein pada kedelai menyediakan semua asam amino esensial yang nir dapat diproduksi sang tubuh Anda sendiri dan wajibdiperoleh menurut diet harian Anda.

Soy Protein Isolate, bentuk terkonsentrasi berdasarkan protein kedelai yg ditemukan pada suplemen protein dan pengganti daging & keju, menyediakan 1,9 g leusin dan 1,5 g isoleusin per 1 ons, menjadikan produk kedelai ini keliru satu asal kuliner terkaya asam amino rantai cabang .

Namun, susu kedelai & memahami masing-masing mengandung kurang dari 0,2 g leusin dan isoleusin per ons.Ikan dan daging:

Daging dan sin mengandung poly asam amino rantai cabang lantaran merupakan protein yang lengkap nutrisinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *