Vitamin C: Manfaat, Suplemen Dan Kuliner

Ascorbic acid atau yg dikenal menjadi vitamin C adalah galat satu nutrisi krusial yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin C berfungsi sebagai pembentuk kolagen, yaitu zat yang diperlukan sang tubuh buat memperbaiki kulit, tulang, dan gigi. Selain itu, vitamin c pula berfungsi buat membantu tubuh dalam menjalankan manfaatnya, dan berperan menjadi antioksidan yang berguna buat menaikkan imun tubuh.

Sebagai vitamin yang nir bisa diproduksi oleh tubuh, Anda perlu mencukupi kebutuhan vitamin C setiap hari dengan mengonsumsi berbagai asal vitamin C. Beberapa sumber alami vitamin C, diantaranya jeruk, lemon, paprika, brokoli, cabe, stroberi, kentang, dan lainnya. Berikut penerangan lebih pada tentang vitamin C yg perlu Anda ketahui.Manfaat Vitamin C

Vitamin C merupakan keliru satu nutrisi esensial yg asupannya perlu dipenuhi setiap hari buat menjaga kesehatan tubuh. Sebagai fakta, tubuh membutuhkan 75 mg (wanita) dan 90 mg (pria) vitamin c setiap harinya. Berikut beberapa manfaat vitamin C untuk tubuh:Mengurangi Risiko Berbagai Penyakit

Beberapa penelitian menemukan manfaat luar biasa vitamin C buat mencegah banyak sekali penyakit. Antara lain menjaga kesehatan jantung, mencegah stroke, mencegah katarak, menurunkan kadar asam urat, menstabilkan tekanan darah tinggi, dan mencegah penyakit degeneratif, seperti demensia. Selain itu, vitamin C jua berfungsi buat menjaga kesehatan tulang dan gigi, sebagai akibatnya mencegah berbagai penyakit yg berhubungan dengan tulang.Meningkatkan Imun Tubuh

Seseorang yg mempunyai sistem kekebalan tubuh yg rendah, akan cenderung lebih rentan terhadap serangan virus & bakteri yg mengakibatkan berbagai penyakit. Vitamin C adalah keliru satu antioksidan yg berfungsi buat mempertinggi sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan ketika tubuh sedang sakit. Bahkan, memenuhi asupan vitamin C setiap hari, bisa mencegah berbagai penyakit, misalnya pilek, batuk, & demam berdarah.Melindungi Sel Tubuh menurut Radikal Bebas

Radikal bebas menyebabkan kerusakan dalam sel-sel tubuh yg sehat, sehingga menyebabkan aneka macam penyakit, misalnya kanker, obesitas, dan diabetes. Molekul jahat ini terbentuk menurut kuliner, polusi, & proses metabolisme pada pada tubuh. Manfaat vitamin C menjadi antioksidan berfungsi buat menangkal pengaruh negatif radikal bebas, sebagai akibatnya menurunkan risiko aneka macam penyakit kronis di atas. Tidak hanya itu, vitamin C jua berguna buat mencegah risiko penuaan dini & menciptakan kulit wajah lebih sehat dan bercahaya.Mengurangi Risiko Anemia

Zat besi merupakan zat yang diperlukan sang tubuh buat membentuk sel darah. Sel darah merah berfungsi buat mengedarkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh. Jika tubuh kekurangan zat besi, maka akan rentan terkena kurang darah. Salah satu fungsi vitamin C merupakan mencegah kekurangan zat besi & berperan dalam menaikkan penyerapan zat besi buat menciptakan hemoglobin, sehingga dapat mengedarkan oksigen ke seluruh organ tubuh.Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu fungsi vitamin C merupakan pembentuk kolagen. Kolagen merupakan salahsatu jenis protein yg berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Fungsi kolagen, antara lain mencegah penuaan dini, membantu proses pemulihan luka, menjaga elastisitas kulit, menjaga keremajaan kulit, dan mencerahkan kulit. Dengan memenuhi asupan vitamin C setiap hari, maka kulit Anda permanen terlihat cerah, belia, & segar.

Beragam manfaat vitamin c bisa Anda dapatkan menggunakan mengonsumsi beberapa asal alami vitamin C. Sumber alami vitamin C, diantaranya buah-buahan dan sayuran segar. Berikut beberapa jenis buah-buahan yg memiliki kadar vitamin C tinggi:Jeruk

Dalam satu buah jeruk, mengandung sekitar 70 miligram vitamin C. Mengonsumsi jeruk setiap hari dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C. Anda dapat menerima manfaat jeruk menggunakan dimakan secara utuh atau dalam bentuk juz jeruk. Dalam satu cangkir juz jeruk ternyata mengandung vitamin C yg lebih tinggi dibandingkan dimakan secara utuh, yaitu 125 miligram.Stroberi

Buah berikutnya yg kaya akan vitamin C adalah stroberi. Dalam satu mangkuk saji atau 150 gram buah stroberi mengandung kurang lebih 90 miligram vitamin C. Tidak hanya vitamin C, stroberi juga mengandung antioksidan tinggi, yaitu antosianin atau zat warna alami pada sayur dan butirPepaya

Mengonsumsi pepaya dapat mencukupi asupan vitamin C harian Anda. Dalam satu mangkuk saji atau kurang lebih 150 gram buah pepaya mengandung 90 miligram vitamin C. Buah yg cukup terkenal di Indonesia ini pula dipercaya bisa menurunkan risiko kanker dan demensia, menjaga kesehatan pencernaan, serta menaikkan imun tubuh.Cabai Merah

Tidak hanya berfungsi menjadi bumbu penyedap dan penguat rasa masakan, cabai merah ternyata juga mengandung vitamin C yg relatif tinggi. Dalam satu cangkir atau 80 gr cabai merah mengandung lebih kurang 100 miligram vitamin C. Jumlah ini hampir sama dengan paprika, butir yg masih satu golongan dengan cabai merah & tinggi vitamin C.Sayuran yang Tinggi Vitamin C

Selain butir-buahan, sumber alami vitamin C juga termasuk sayuran. Agar asupan vitamin C Anda tercukupi, konsumsi sayuran yg tinggi vitamin C. Berikut beberapa jenis sayuran dengan kandungan vitamin c yg tinggi:Brokoli

Brokoli adalah salahsatu sayuran yg tinggi vitamin C. Dalam satu mangkuk brokoli hijau yang telah dipotong-potong, mengandung sekitar 80 miligram vitamin C. Meski kandungan vitamin C berkurang menjadi 50 miligram jika dimasak, namun brokoli permanen bisa sebagai asal vitamin C yg baik. Kembang Kol

Sayur yang seperti dengan brokoli ini jua merupakan sumber vitamin C, meskipun kadarnya nir dengan tinggi kandungan vitamin C pada brokoli. Dalam semangkuk kembang kol mentah, masih ada kurang lebih 50 mg vitamin C.Bayam

Meski kandungan vitamin C pada bayam nir dengan tinggi ke 2 sayuran di atas, tetapi kandungan nutrisinya tidak sanggup diabaikan. Dalam semangkuk atau 30 gram bayam, mengandung lebih kurang 8,5 miligram vitamin C. Selain itu, bayam pula mengandung beberapa nutrisi lain, seperti vitamin A, vitamin K, folat, kalium, & zat besi. Kandungan nutrisi yang lengkap tadi menciptakan bayam perlu buat dikonsumsi secara rutin.

Selain buah dan sayuran di atas, manfaat vitamin C jua bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi suplemen vitamin C. Namun, agar penggunaannya kondusif untuk kesehatan, Anda perlu berkonsultasi menggunakan dokter atau pakar gizi, sebelum mengonsumsi suplemen.

Dampak Kekurangan Vitamin C

Memenuhi kebutuhan vitamin c yang relatif setiap hari sangat penting buat mencegah risiko terkena scurvy. Gejala-tanda-tanda scurvy, antara lain kurang darah, gusi berdarah, gampang lelah, serta luka yg sulit sembuh. Untuk mencegah kekurangan vitamin C, pastikan setiap harinya Anda mengonsumsi butir & sayur asal vitamin C menggunakan porsi yang cukup, sesuai menggunakan jumlah kebutuhan nutrisi harian yg direkomendasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *