Suplemen Alami Kaya Akan Manfaat, Ini 5 Manfaat Ajaib Menurut Berberine

Berberine adalah senyawa yg ditemukan di banyak tanamanyang tidak sama, di mana kebanyakan dari tumbuhan tadi tumbuh di dataran India dan Tiongkok, seperti barberry (Berberis vulgaris), Oregon grape (Berberis aquifolium), serta goldenseal (Hydrastis canadensis).

Tanaman tadi poly digunakan pada pengobatan tradisional Tiongkok. Suplemen alami ini adalah senyawa kuning yg banyak ditemukan di akar, rimpang, dan kulit batang berdasarkan banyak spesies flora, termasuk tiga tumbuhan yang disebutkan pada atas.

Ada poly suplemen alami yg telah dikembangkan oleh pakar medis yang bisa mendukung kesehatan. Salah satunya yg menonjol adalah berberine. Apa saja manfaat kesehatan yang ditawarkan?1. Menurunkan gula darah

Ilustrasi cek darah (pexels.com/PhotoMIXCompany)

Sudah poly penelitian yang menampakan bahwa berberine dapat secara signifikan menurunkan kadar gula darah dalam individu dengan diabetes tipe 2. Bahkan, efektivitasnya dibandingkan dengan obat diabetes yang banyak digunakan, metformin.

Menurut sebuah laporan pada International Journal of Endocrinology tahun 2015, berberine bekerja menggunakan beberapa cara, yaitu: Menurunkan resistansi insulin, membuatnya bekerja buat menurunkan gula darah lebih efektif Meningkatkan glikolisis, membantu tubuh memecah gula pada dalam sel Menurunkan produksi gula pada hati Memperlambat pemecahan karbohidrat pada usus Meningkatkan jumlah bakteri baik pada usus

Menurut sebuah tinjauan ilmiah dari 14 penelitian yg diterbitkan pada jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine tahun 2012, berberine dikatakan sama efektifnya dengan obat diabetes oral termasuk metformin, glipizide, dan rosiglitazone.2. Menurunkan kolesterol

ilustrasi suplemen berberine (consumerlab.com)

Tingginya kadar low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol dursila & trigliserida bisa menaikkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Beberapa penelitian menampakan bahwa berberine bisa membantu mengurangi LDL dan trigliserida. Menurut studi terhadap hewan & manusia dalam Iranian Journal of Basic Medical Sciences tahun 2017, berberine mempunyai impak menurunkan kolesterol serta menaikkan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Sebuah metaanalisis pada Journal of Ethnopharmacology tahun 2015 menemukan bahwa berberine yg dikombinasikan dengan perubahan gaya hayati bekerja lebih baik ketimbang hanya perubahan gaya hidup pada mengobati kolesterol.

Tak hanya itu, uji coba terhadap hamster pada Journal of Translational Medicine tahun 2015 mengobservasi bahwa berberine dapat membantu memindahkan kelebihan kolesterol ke hati, pada mana tubuh bisa memproses & membuangnya. Pada gilirannya, ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol total & trigliserida.

Dalam sebuah studi di jurnal Oncotarget tahun 2018, tim peneliti percaya bahwa efek berberine mungkin seperti menggunakan obat-obatan untuk kolesterol tinggi, akan namun berberine tidak mengakibatkan dampak samping yang sama.

Baca Juga: 11 Suplemen dan Rempah buat Meredakan Depresi, Bisa Dicoba nih!tiga. Mencegah infeksi saluran kemih dan sistitis

gambaran infeksi saluran kemih (sleepflawless.com)

Berberine pula disebutkan dapat membantu wanita dalam menghindari rasa sakit dan sensasi terbakar akibat infeksi saluran kemih (ISK) dan sistitis atau peradangan kandung kemih.

Dalam uji coba terkontrol secara acak 2018, yang diterbitkan pada Journal of Chemotherapy tahun 2018, kombinasi ekstrak flora yang tidak sinkron (termasuk berberine) dipakai buat mengevaluasi efektivitas dalam mencegah kambuhnya ISK. Dalam studi ini, partisipan dibagi dalam 3 kelompok.

Kelompok A menerima berberine, arbutin, dan birch, ad interim grup B mendapat berberine, arbutin, birch, dan forskolin. Grup C menerima proanthocyanidins, yaitu senyawa flora yg diyakini para peneliti bertanggung jawab atas khasiat juz cranberry buat mengobati ISK.

Peserta pada gerombolanA & B mempunyai jumlah sistitis berulang yg lebih rendah selama pengobatan, dengan median beban bakteri lebih rendah daripada kelompok C.4. Menciptakan daur yang baik pada sistem pencernaan

gambaran sistem pencernaan yg sehat (hopkinsmedicine.org)

Aspek antiinflamasi & antimikroba menurut berberine dapat mendukung mikrobioma usus pada orang dengan penyakit gastrointestinal, diare, & pertumbuhan bakteri berlebih dalam sindrom iritasi usus besar(IBS), kolitis ulseratif, dan penyakit radang usus lainnya.

Dalam studi acak terkontrol plasebo yg diterbitkan pada jurnal Phytotherapy Research, pasien menggunakan IBS yang didominasi tanda-tanda diare mengonsumsi 400 miligram berberine sehari selama delapan minggu. Mereka melaporkan perbaikan frekuensi & urgensi diare serta sakit perut.

Penelitian ini menemukan bahwa berberine memiliki kemampuan menjaga ketidakseimbangan mikroba pencernaan waktu mengobati pertumbuhan berlebih bakteri usus kecil atau bakteri pencernaan patogen.5. Melawan kanker eksklusif

ilustrasi sel kanker (cancercenter.com)

Dilansir Medical News Today, berberine dapat mengakibatkan perubahan pada molekul sel, dan ini mampu berpotensi buat melawan kanker.

Satu tinjauan ilmiah dalam jurnal Frontiers in Pharmacology tahun 2019 menyimpulkan bahwa berberine punya “imbas penghambatan yg jelas” pada kanker kolorektal, paru-paru, ovarium, prostat, hati, dan serviks.

Berdasarkan laporan dalam Journal of Ethnopharmacology tahun 2015, berberine dapat membantu mengobati kanker dengan mengganggu perkembangan sel kanker dan daur hidupnya yang khas. Mungkin juga berperan pada membunuh sel kanker.

Berdasarkan bukti ini, tim peneliti mengatakan bahwa berberine “sangat diharapkan efektif, aman, & terjangkau” menjadi agen buat melawan kanker.

Namun, krusial untuk diingat bahwa para peneliti hanya menyelidiki efek berberine dalam sel kanker di laboratorium, bukan pada manusia.

Itulah 5 manfaat suplemen berberine bagi kesehatan. Tertarik buat mengonsumsinya secara rutin? Baiknya konsultasikan dulu ke dokter, ya, apalagi bila engkaumemiliki syarat medis tertentu.

Baca Juga: Bagus buat Jantung hingga Kulit, Simak 7 Manfaat Suplemen Kolagen!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform buat menulis.Semua karya tulis yg dibuat merupakan sepenuhnya tanggung jawab menurut penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *