Vitamin D: Manfaat, Suplemen & Makanan

Tubuh membutuhkan beberapa nutrisi agar kesehatan tulang, jantung, otak, dan otot, tetap terjaga menggunakan baik. Salah satu nutrisi tersebut adalah vitamin D. Vitamin D terbentuk secara alami saat kulit terkena paparan sinar surya secara eksklusif. Bahkan, Anda bisa memenuhi asupan vitamin D yg relatif melalui gambaran sinar matahari.

Selain paparan sinar mentarisecara langsung, Anda jua mampu menerima manfaat vitamin D dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Antara lain, kuning telur, fungi, & ikan. Ingin tahu lebih pada mengenai vitamin D & manfaatnya bagi tubuh? Berikut penjelasannya.Manfaat Vitamin D

Vitamin D dibutuhkan sang anak-anak hingga dewasa buat membantu menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya itu, vitamin d pula berguna untuk mencegah beberapa penyakit berfokus. Berikut lima manfaat vitamin D yang perlu Anda ketahui.Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium dan fosfor merupakan 2 nutrisi yg sangat penting buat menjaga kesehatan tulang. Vitamin D berfungsi untuk mengatur kadar kalsium & menjaga kadar fosfor pada darah. Tubuh membutuhkan vitamin D agar usus bisa menstimulasi & menyerap kalsium dan merogoh kalsium yang didapatkan oleh ginjal, dan membantu membentuk tulang dan gigi yg bertenaga. apabila tubuh kekurangan vitamin D, maka berdampak pada tulang yang ringkih dan rentan patah.Meningkatkan Imun Tubuh

Salah satu fungsi vitamin D adalah mengatur aktualisasi diri ribuan gen pada tubuh dan mempertinggi sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh dapat melawan infeksi secara efektif. Dengan memenuhi asupan vitamin D yg relatif setiap hari, maka Anda bisa terhindar dari risiko terkena flu, pilek, serta infeksi yang berhubungan dengan sistem pernapasan lainnya.Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam jantung dan pembuluh darah, terdapat beberapa reseptor yg meningkatkan fungsi vitamin D. Vitamin D berfungsi buat mencegah penumpukan protein hiperbola, yg berisiko meningkatkan tekanan darah dan memperkeras arteri. Penelitian bahkan menemukan bahwa tubuh yg kekurangan vitamin D, memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular, misalnya stroke, jantung, dan arteri yg tersumbat. Mencegah Kanker

Vitamin D memiliki hormon aktif yg dianggap Calcitriol. Hormon ini dipercaya bisa mengurangi perkembangan sel kanker, mengurangi pertumbuhan, penambahan, & penyebaran sel kanker, dan memperlambat perkembangan pembuluh darah baru pada jaringan kanker. Penelitian terhadap hewan & data epidemiologi bahkan menemukan bahwa vitamin D dipercaya dapat membantu mencegah kanker prostat, kanker usus besar , dan kanker payudara.Mencegah Diabetes

Salah satu fungsi vitamin D adalah berperan pada perkembangan & fungsi otak. Beberapa penelitian menemukan bahwa semakin tinggi asupan vitamin D dalam tubuh, semakin rendah risiko terkena diabetes tipe dua. Sebaliknya, asupan vitamin D yang rendah pada pengidap diabetes, mengakibatkan imbas buruk dalam sekresi insulin & toleransi glukosa. Sumber Vitamin D

Manfaat vitamin d juga bisa didapatkan melalui kuliner yang mengandung vitamin D. Meski kandungannya tidak dengan tinggi paparan sinar surya, tetapi makanan yang mengandung vitamin D tetap penting untuk mencukupi asupan vitamin D setiap hari. Berikut beberapa kuliner yg menjadi sumber vitamin D.Ikan Berlemak

Ikan berlemak yang tinggi akan kandungan vitamin D, antara lain salmon, ikan tuna, dan ikan sarden. Dalam 100 gr ikan salmon, mengandung sekitar 988 SI vitamin D, sedangkan pada 100 gr ikan sarden, mengandung lebih kurang 199 SI, yg dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harian Anda. SI merupakan sistem satuan internasional yang dipakai buat pengukuran ilmiah.Minyak Ikan Kod

apabila Anda nir terlalu menyukai ikan, Anda bisa mengonsumsi minyak ikan kod buat mendapatkan asupan vitamin D. Dalam satu sendok teh minyak ikan kod, mengandung vitamin D sekitar 448 SI. Selain vitamin D, minyak ikan kod jua tinggi akan kandungan omega-tiga dan vitamin A. Kuning Telur 

Tidak hanya menjadi asal protein yang berkualitas tinggi, telur juga mempunyai kandungan vitamin D yg tinggi, terutama bagian kuning telur. Dalam satu buah kuning telur, mengandung 37 SI vitamin D. Jumlah ini setara dengan 5% berdasarkan kebutuhan harian vitamin D. Hati Sapi

Meski kandungan vitamin D dalam hati sapi lebih rendah berdasarkan makanan lain, namun hati sapi tetap bisa menjadi asal vitamin D. Dalam tiga,lima ons hati sapi, mengandung sekitar 50 SI vitamin D. Tetapi, jangan mengonsumsinya secara hiperbola, lantaran kandungan kolesterol dalam hati sapi relatif tinggi.Jamur

Tahukah Anda, fungi merupakan satu-satunya jenis sayuran produsen vitamin D. Hal ini dikarenakan jamur mempunyai pro-vitamin yg dianggap ergosterol. Ergosterol berfungsi membantu fungi buat mensintetiskan vitamin D2 ketika terkena paparan sinar matahari. Tetapi, kandungan ini tidak ditemukan pada jamur yang dikembangbiakan di dalam ruangan.Dampak Tubuh Kekurangan Vitamin D

Seseorang yang kekurangan vitamin D akan menghipnotis fungsi banyak organ tubuh, termasuk tulang dan gigi. Kondisi ini nir hanya dialami oleh bayi & anak-anak, namun jua orang dewasa. Beberapa faktor yg mengakibatkan tubuh kekurangan vitamin D, diantaranya jarang terkena gambaran sinar matahari, berat badan berlebih, dan kurangnya konsumsi makanan yg mengandung vitamin D. Kekurangan vitamin d yang ringan tidak memperlihatkan gejala yang signifikan. Tetapi, dalam kondisi yang parah, kekurangan vitamin D pada anak dapat menyebabkan beberapa gangguan berikut:Gangguan pertumbuhan pada tinggi badanRakitis, yaitu syarat yang mengakibatkan anak mengalami nyeri dalam tulang kaki, nyeri otot, dan kelemahan otot. Gangguan ini menyebabkan bentuk kaki anak bermasalah, contohnya kaki O atau kaki X.Mood & emosi yg tidak stabil.Keterlambatan pertumbuhan gigi.Kelemahan dalam otot jantung, termasuk infeksi dalam sistem pernapasan.

Selain anak-anak, orang dewasa yg kekurangan vitamin D jua menerangkan beberapa gejala, seperti rasa lelah, nyeri atau pegal, & perasaan tidak lezatbadan. Jika dalam kondisi yg parah, kekurangan vitamin d dalam orang dewasa dapat mengakibatkan beberapa penyakit berikut:Demensia

Penelitian menemukan bahwa orang dewasa yg kekurangan vitamin D memiliki risiko lebih tinggi terkena demensia & alzheimer dibandingkan orang yg tercukupi asupan vitamin D nya.Skizofrenia

Penelitian dalam 2014 menemukan bahwa orang dewasa yg kekurangan vitamin D berisiko lebih tinggi terkena skizofrenia. Skizofrenia adalah gangguan kejiwaan yg memiliki beberapa gejala, misalnya halusinasi, kecenderungan buat menarik diri menurut masyarakat, dan bicara ngawur.Penyakit Jantung

Penelitian menemukan bahwa kekurangan vitamin D dalam orang dewasa berhubungan dengan penyakit jantung. Hal ini dikarenakan ditemukannya kekurangan vitamin D dalam 70% pasien yg menjalani angiografi koroner.

Beberapa dampak berdasarkan kekurangan vitamin D di atas memperlihatkan betapa pentingnya memenuhi asupan vitamin D harian. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan vitamin D harian, yaitu dengan mendapatkan paparan sinar mentariyg relatif & mengonsumsi kuliner yg tinggi vitamin D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *