Sehabis Vaksin, Sebaiknya Konsumsi Suplemen Ini

Dengan virus Covid-19 yg terus bermutasi, kita sebagai lebih beradaptasi menggunakan aneka macam cara pengobatan & juga pencegahan. Bentuk pencegahan yang tak jarang kita dengar dari rakyat berupa protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jeda, menghindari kerumunan, dan mengurangi gerak) hingga vaksin. Tetapi, apakah kalian tahu bahwa terdapat cara buat meningkatkan efisiensi dalam mencegah terjangkitnya virus ini dan mempertinggi kerja sistem imun kita? Mari kita cari tahu lebih lanjut.

Suplementasi atau penambahan zat gizi sanggup membantu tubuh kita menjadi lebih kuat untuk melawan virus. Banyak suplemen yang diperjualbelikan di pasar bebas, namun konsumen seringkali tidak mengetahui bahan aktif yg berguna pada melawan virus Covid-19. Suplemen yg dibutuhkan dalam masa pandemi ini merupakan suplemen yg bisa bekerja menjadi antivirus, menaikkan kerja sistem imun, & mencegah masuknya virus ke dalam sel. Mengetahui hal tadi, pada sini kita akan memperdalam wawasan kita tentang suplemen yg dapat dijangkau sang masyarakat Indonesia pada syarat pandemi ini diantaranya habbatussauda, zink, & vitamin D.

Habbatussauda merupakan minyak ekstrak yang dihasilkan dari biji jintan hitam. Mungkin kalian sudah sedikit familier mengenai habbatussauda ini, karena telah digunakan sejak zaman dulu. Bahkan, Rasulullah mensunnahkan umat Islam buat mengonsumsi habbatussauda sebab pada hadits dinyatakan bahwa “Sesungguhnya, pada jintan hitam itu terdapat obat buat segala macam penyakit, kecuali kematian.”

Tahukah anda apa saja sih manfaat dari habbatussauda? Manfaat-manfaat habbatussauda yg perlu diketahui untuk melawan Covid-19 merupakan:

1. Anti virusPada masa pandemi ini, aneka macam macam obat antivirus yg digunakan untuk mengobati pasien Covid-19 diantaranya lopinavir/ritonavir, ribavirin, remdesivir, favipiravir, umifenovir hydroxychloroquine, dan chloroquine. Pada habbatussauda, memiliki bahan aktif thymoquinone. Thymoquinone ini mempunyai bentuk molekul kimia yang seperti dengan chloroquine sebagai akibatnya dapat bekerja sebagai antivirus. Thymoquinone dapat berikatan menggunakan reseptor ACE dua (angiotensin converting enzyme) sehingga virus nir sanggup masuk ke dalam sel. Namun, ketika telah masuk ke dalam sel, thymoquinone pula akan mengganggu proses replikasi virus. 

2. Immunomodulator (memperkuat sistem imun)Selain berefek secara langsung dengan virus covid-19 thymoquinone pada habbatussauda pula dapat menaikkan jumlah sel menurut sistem imun yg spesifik dalam menyerang virus sehingga bisa membantu proses pembuatan antibodi sesudah divaksin.

tiga. Anti inflamasi (anti radang)Inflamasi atau radang merupakan respon perlindungan normal tubuh ketika terjadinya infeksi. Namun respon ini sendiri yg menyebabkan gejala-tanda-tanda yang dialami sang pasien, namun dengan obat anti inflamasi dapat meringankan gejala berdasarkan pasien tanpa mempunyai efek negatif menurut kerja sistem imun tubuh lantaran habbatussauda mengandung omega 3 & jua omega 6.

Selain habbatussauda, zink jua bisa menaikkan sistem imun tubuh kita. Sebelumnya, apa itu zink? Zink adalah mikronutrien terbesar kedua sehabis besi yg bisa ditemukan pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari, misalnya ayam, daging merah, gandum, kerang, & pula kacang-kacangan. Jika tubuh kita kekurangan zink (kadar zink kurang dari 0,7 mg/dL), akan berefek tidak baik dalam tubuh kita. 

Dalam kehidupan sehari-hari kebutuhan zink dalam tubuh kita memang cenderung tercukupi, akan namun dengan tambahan zink pada bentuk suplemen akan menimbulkan banyak manfaat apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan, misalnya menaikkan kerja sistem imun yg membangun antibodi, sehingga membantu efektivitas berdasarkan vaksin, mencegah jalur masuk virus Covid-19 ke dalam sel dengan cara berikatan menggunakan reseptor ACE dua (angiotensin converting enzyme) sebagai akibatnya virus tidak mampu masuk, & membantu kerja obat antivirus lainnya seperti chloroquine. 

 Vitamin D merupakan vitamin yang bisa larut dalam lemak. Kemampuan larut dalam lemak ini mempunyai arti bahwa vitamin D yang terdapat pada tubuh kita akan disimpan pada jangka waktu yang usang. Pemenuhan vitamin D sangat dianjurkan dalam keadaan misalnya kini, terutama pada syarat yg mengharuskan kita buat mengurangi kegiatan pada luar sehingga kita menjadi jarang terpapar cahaya matahari (asal alami vitamin D). Oleh karenanya, alternatif lain pada memasukkan vitamin D ke tubuh kita yaitu melalui kuliner yg kita konsumsi (seperti susu, kuning telur, & ikan) dan suplemen. 

Kita seluruh niscaya tahu bahwa vitamin D berperan sangat besarbuat pertumbuhan tulang, namun apakah kalian tahu bahwa vitamin D juga bisa merangsang pematangan sel-sel imun pada tubuh kita? Suatu penelitian yg dilakukan oleh Arihiro et al (2019) menyatakan bahwa pasien menggunakan inflammatory bowel disease yang diberikan suplementasi vitamin D memiliki risiko terkena infeksi saluran napas atas yang lebih rendah dibandingkan dengan pasien tanpa suplemen vitamin D. 

Ini bisa menandakan bahwa jika kita mengonsumsi suplemen vitamin D yg relatif per hari, akan menurunkan risiko terinfeksi Covid-19. The Institute of medicine (2011) menyatakan bahwa dalam anak-anak usia 1 tahun, konsumsi suplemen vitamin D harian merupakan 400 IU. Pada usia 1-70 tahun dianjurkan mengonsumsi suplemen vitamin D  per hari sebanyak 600 IU, & usia lebih dari 70 tahun sebanyak 800 IU per hari. 

Demikianlah cara mencegah infeksi Covid-19 & juga menaikkan kerja berdasarkan vaksin melalui konsumsi suplemen habbatussauda, zink, & vitamin D. Semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasan mengenai betapa pentingnya impak suplemen bagi tubuh kita dan agar kita sebagai lebih pandaipada menentukan suplemen yg hendak kita konsumsi.

Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik Indonesia. INDONESIAN JOURNAL OF CLINICAL PATHOLOGY AND MEDICAL LABORATORY. 2014.Rahman M, Idid S. Can Zn Be a Critical Element in COVID-19 Treatment?. Biological Trace Element Research. 2020;199(2):550-558.Yani, dkk. Manfaat Suplemen pada Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19. 2021.Rahman M. Potential benefits of combination of Nigella sativa and Zn supplements to treat COVID-19. Journal of Herbal Medicine. 2020;23:100382.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *