Ini Manfaat Whey Protein Sebagai Suplemen Olahraga

“Sebagai suplemen makanan, whey protein sangat populer pada kalangan binaragawan, atlet, dan seorang yang sedang butuh protein tambahan. Selain itu, whey protein pula mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah bisa menaikkan pertumbuhan massa otot.”

Halodoc, Jakarta – Susu terbentuk berdasarkan 2 jenis protein, kasein & whey. Whey dan kasein dalam susu ternyata dapat dipisahkan melalui proses eksklusif buat menciptakan produk baru. Nah, whey protein dianggap sebagai protein lengkap lantaran mengandung sembilan asam amino esensial dan rendah kandungan laktosanya. Lantaran alasan inilah whey protein tak jarang dijadikan suplemen waktu seseorang sedang menjalani latihan tertentu. 

Rutin mengonsumsi whey protein diyakini sanggup meningkatkan buatan protein otot dan mendorong pertumbuhan massa otot tanpa lemak. Berikut sejumlah manfaat whey protein sebagai suplemen olahraga. 

Baca jua: Inilah 7 Jenis dan Fungsi Protein bagi Tubuh

Whey dalam susu berbentuk cairan yg kemudian dipisahkan selama produksi keju. Selain mengandung asam amino lengkap, whey protein sangat gampang dicerna dan gampang diserap usus jika dibandingkan jenis protein lainnya. Umumnya whey protein tersedia pada tiga bentuk, yaitu konsentrat (WPC), isolat (WPI), dan hidrolisat (WPH). Konsentrat adalah jenis yang paling generik & sangat terjangkau. Sebagai suplemen makanan, whey protein sangat terkenal pada kalangan binaragawan, atlet, dan seseorang yang sedang butuh protein tambahan.

dua. Meningkatkan Pertumbuhan Otot

Massa otot menurun secara alami seiring bertambahnya usia seorang. Ketika massa otot menurun, pertambahan usia jua cenderung mengakibatkan penumpukan lemak, sehingga menaikkan risiko banyak sekali penyakit kronis. Tetapi, perubahan tubuh ini dapat diperlambat, & dicegah dengan kombinasi latihan kekuatan & diet yg tepat. 

Latihan kekuatan dibarengi dengan konsumsi makanan berprotein tinggi atau suplemen protein sudah terbukti menjadi strategi efektif untuk mencegah perkembangan penyakit kronis. Whey protein sanggup menjadi pilihan sumber protein berkualitas tinggi dan kaya akan asam amino yg disebut leusin. Nah, leusin ini sanggup menaikkan pertumbuhan (anabolik).

Lantaran kandungan leusinnya yg baik, whey protein terbukti efektif buat mencegah kehilangan massa otot yang berkaitan dengan pertambahan usia & buat meningkatkan kekuatan serta bentuk tubuh yg baik.

Baca pula: Ini 6 Pilihan Makanan yg Tinggi Protein

3. Mengenyangkan dan Mengurangi Rasa Lapar

Salah satu hambatan menjalani diet adalah berperang menggunakan rasa lapar. Salah satu trik buat mengatasinya adalah memilih jenis kuliner yang mampu mengurangi rasa lapar atau menciptakan kenyang lebih lama. Beberapa jenis makanan yang memberikan impak kenyang lebih lamaumumnya kuliner dengan komposisi makronutrien (protein, karbohidrat, & lemak). Protein sejauh ini punya proporsi yang lebih akbar dari ketiga makronutrien.

Tetapi, tidak seluruh protein mempunyai dampak yang sama terhadap rasa kenyang. Terkecuali buat whey protein. Jenis protein ini dinilai lebih mengenyangkan dibandingkan jenis protein lain, seperti kasein dan kedelai. Karena alasan inilah, whey protein sebagai pilihan buat orang-orang yang perlu makan lebih sedikit kalori buat menurunkan berat badan.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Memperbanyak konsumsi protein sudah menjadi strategi penurunan berat badan yang paling terkenal. Pasalnya, konsumsi poly protein bisa menaikkan penurunan lemak dengan cara menekan nafsu makan, mempertinggi metabolisme, & membantu menjaga massa otot saat menurunkan berat badan. Whey protein sudah terbukti sangat efektif buat membantu pembakaran lemak dibandingkan dengan jenis protein lainnya.

Baca pula: Siapa Saja yg Butuh Suplemen? Ini Kriterianya

Selain minum whey protein, pastikan asupan protein yang diperlukan tubuh terpenuhi menurut kuliner. Tidak hanya buat otot, protein merupakan nutrisi penting yang diperlukan buat kesehatan tubuh secara holistik. Berikut adalah kuliner yang kaya akan kandungan protein baik secara hewani maupun botani, diantaranya: 

Sumber protein hewani dari berdasarkan hewan, misalnya daging, ikan, udang, telur, susu, keju, seafood, & yoghurt. Namun, mengonsumsi beberapa jenis kuliner bahari misalnya udang dan cumi tidak boleh berlebihan. Sebab, ke 2 kuliner tersebut pula tinggi akan kolesterol, meskipun kadar proteinnya baik buat tubuh. 

Tidak hanya bersumber menurut hewan, protein jua mampu diperoleh menurut banyak sekali jenis sayuran. Misalnya misalnya brokoli yg pula mengandung serat, kalium, vitamin C & vitamin K, serta banyak mengandung nutrisi bioaktif yang dianggap bisa melindungi tubuh berdasarkan kanker. Selain itu, kacang-kacangan seperti kacang polong, ,kacang tanah, buncis, atau kacang kedelai, termasuk tahu & tempe jua mengandung protein botani tinggi.

Bila kamu ingin memenuhi segala nutrisi penting buat kesehatan otot, engkaubisa membeli suplemen olahraga sesuai kebutuhan pada aplikasi Halodoc. Tanpa perlu mengantri atau menunggu berlama-usang di Apotek. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang! 

Healthline. Diakses pada 2021. 10 Evidence-Based Health Benefits of Whey Protein.

Medical News Today. Diakses pada 2021. What are the benefits and risks of whey protein?

Medical News Today. Diakses pada 2021. What foods are high in protein?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *