Suplemen Vitamin C: Manfaat, Dampak Samping, Dan Dosis Sehatq

Vitamin C adalah vitamin esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri sang tubuh. Vitamin ini poly ditemukan pada buah dan sayuran, misalnya jeruk, stroberi, paprika, brokoli, dan bayam. Kebutuhan harian suplemen vitamin C yg direkomendasikan buat perempuan, yaitu sebanyak 75 mg sedangkan untuk pria 90 mg.

Jika kuliner tak relatif memenuhi kebutuhan harian vitamin C atau Anda ingin menerima lebih banyak vitamin tadi, maka mengonsumsi vitamin C menjadi solusinya. Suplemen tadi kerap dikonsumsi sang sebagian orang lantaran dianggap mempunyai banyak manfaat buat kesehatan. Manfaat suplemen vitamin C

Banyak produk suplemen vitamin C yg dapat dengan mudah Anda temukan pada apotek, sebagai akibatnya Anda tak akan kerepotan mencarinya. Adapun manfaat suplemen vitamin C bagi kesehatan, diantaranya:1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sudah bukan misteri lagi jika vitamin C dianggap buat membantu menaikkan kekebalan tubuh. Ini bukan tanpa alasan, karena vitamin C dapat membantu mendorong produksi sel darah putih yang mampu melindungi tubuh terhadap infeksi. Tak hanya itu, vitamin C pula membantu sel-sel darah putih berfungsi lebih efektif sambil melindunginya berdasarkan kerusakan akibat radikal bebas. Penelitian pun menerangkan bahwa mengonsumsi vitamin C bisa mempersingkat ketika penyembuhan luka. dua. Mengurangi risiko penyakit kronis

Kandungan antioksidan dalam vitamin C bisa memperkuat pertahanan alami tubuh buat mencegah berbagai penyakit. Antioksidan pun mampu melindungi sel tubuh dari molekul berbahaya yang diklaim menggunakan radikal bebas. Ketika radikal bebas menumpuk, maka terjadilah stres oksidatif yang bisa mengakibatkan berbagai penyakit kronis, seperti stroke, kanker, dan penyakit jantung. Studi memberitahuakn bahwa mengonsumsi lebih poly vitamin C bisa menaikkan kadar antioksidan darah sampai 30% yg bisa membantu Anda terhindar berdasarkan risiko tersebut.3. Mengendalikan tekanan darah

Tekanan darah tinggi membuat Anda lebih berisiko terkena penyakit jantung. Akan namun, penelitian menampakan jika vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah meski Anda nir mempunyai tekanan darah tinggi.Analisis berdasarkan 29 penelitian dalam manusia menemukan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C membantu mengurangi tekanan darah sistolik sebesar 3,8 mmHg & tekanan darah diastolik sebesar 1,5 mmHg dalam orang dewasa yang sehat. Sementara, pada orang dewasa dengan tekanan darah tinggi, suplemen vitamin C bisa mengurangi tekanan darah sistolik sebanyak 4,9 mg & tekanan darah diastolik sebesar 1,7 mmHg. Sayangnya, belum diketahui secara niscaya apakah efek ini bertahan dalam jangka panjang atau nir.4. Mencegah kekurangan zat besi

Zat besi mempunyai beragam fungsi penting pada tubuh, terutama buat menciptakan sel darah merah dan mengangkut oksigen. Suplemen vitamin C pun dianggap dapat menaikkan penyerapan zat besi sehingga mencegah Anda kekurangan nutrisi tersebut.Bahkan faktanya, mengonsumsi 100 mg vitamin C sanggup menaikkan penyerapan zat besi kurang lebih 67%. Hal ini pula dapat membantu mengurangi risiko kurang darah dalam orang yg rentan kekurangan zat besi.lima. Menurunkan kolesterol

Analisis berdasarkan 13 studi menemukan bahwa mengonsumsi vitamin C secara signifikan sanggup mengurangi kolesterol jahat LDL sebesar 7,9 mg/dL dan trigliserida darah sebanyak 20,1 mg/dL. Hal ini menciptakan risiko Anda terkena penyakit jantung menjadi berkurang, sebab orang yg memiliki kadar kolesterol LDL & trigliserida yang tinggi lebih berisiko terkena penyakit tersebut.Bahkan berdasarkan analisis berdasarkan 9 studi, orang yg setidaknya mengonsumsi 700 mg suplemen vitamin C setiap hari mempunyai risiko penyakit jantung 25% lebih rendah daripada orang yg tidak mengonsumsinya.6. Melindungi daya jangan lupa dan kemampuan berpikir

Rendahnya kadar vitamin C sudah dikaitkan dengan gangguan akal budi & mengingat. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa orang yang mengalami demensia memiliki kadar vitamin C pada darah yang lebih rendah. Sementara, asupan vitamin C yg tinggi sudah terbukti memberi impak proteksi terhadap daya ingat & kemampuan berpikir seiring bertambahnya usia.7. Mencegah gout (asam urat)

Beberapa penelitian menerangkan bahwa vitamin C bisa membantu mengurangi kadar asam urat pada darah sehingga melindungi Anda berdasarkan serangan gout. Orang yg menderita gout akan mengalami peradangan pada sendi sebagai akibatnya timbul pembengkakan dan rasa nyeri yang hebat.Sebuah studi yg melibatkan kurang lebih 40 ribu pria sehat selama 20 tahun menemukan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin C mempunyai risiko asam urat 44% lebih rendah daripada yg tidak mengonsumsinya. Selain itu, analisis menurut 13 studi pula memperlihatkan bahwa mengonsumsi vitamin C selama 30 hari secara signifikan dapat mengurangi kadar asam urat pada darah daripada plasebo.Baca pula: 8 Minuman Vitamin C Alami Pengganti SuplemenBerapa dosis suplemen vitamin C yang dikonsumsi?

Penelitian merekomendasikan buat mengonsumsi 500 mg suplemen vitamin C per hari agar menerima manfaatnya bagi kesehatan. Tak terdapat pengaruh samping yg signifikan ketika mengonsumsi 500 mg vitamin C, namun beberapa jenis mungkin bisa mengiritasi pencernaan. Oleh sebab itu, disarankan buat mengonsumsi suplemen vitamin yg tak mengandung asam. Kondisi di bawah ini nir disarankan minum vitamin C:Anemia sel sabitGangguan metabolisme zat besiAlergi terhadap asam askorbat

Batas kondusif buat mengonsumsi suplemen vitamin C adalah sebanyak 2.000 mg per hari sebagai akibatnya jangan mengonsumsinya lebih dari takaran tadi. Dosis tinggi mampu menimbulkan dampak samping, misalnya mulas, mual, sakit ketua, kram, perut, diare, bahkan batu ginjal.Dosis minum vitamin C buat orang dewasa & anak-anak adalah menjadi berikut:1-tiga tahun: 400 mg/hari4-8 tahun: 650 mg/hari9-13 tahun: 1200 mg/hari14-18 tahun: 1800 mg/hari19 tahun ke atas: 2000 mg/hari

Sementara bagi bunda hamil, meski aman mengonsumsi suplemen vitamin tadi selama kehamilan, tetapi penggunaan yg hiperbola bisa membahayakan janin. Dosis yg disarankan buat bunda hamil pun lebih rendah lebih kurang 85-120 mg per hari. Sebelum mengonsumsi vitamin C, pastikan keamanan syarat Anda & konsultasikanlah dalam dokter.Baca pula: Mengonsumsi Suplemen Makanan, Apa yg Harus Diperhatikan?Aturan minum suplemen vitamin C

Aturan minum vitamin C harian merupakan dikonsumsi 1-dua kali sehari. Anda sanggup minum vitamin C sebelum atau setelah makan. Untuk menghindari adanya dampak samping suplemen vitamin C, jangan mengonsumsi obat lebih menurut takaran yang dianjurkan.Pemberian vitamin C pada sejumlah orang diadaptasi menggunakan usia, kondisi, & respon pasien terhadap obat.Beberapa kondisi yang menyebabkan tubuh membutuhkan asupan suplemen adalah orang yang sedang terkena penyakit, misalnya flu, sedang hamil, atau sedang mengonsumsi obat yg bisa mengganggu metabolisme vitamin dan mineral.Jika ingin berkonsultasi pribadi dalam dokter pilihan suplemen yang baik buat kesehatan, Anda sanggup chat dokter pada pelaksanaan kesehatan famili SehatQ.Download aplikasinya kini di Google Play dan Apple Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *