Mengenal Manfaat Suplemen Kolagen, Tidak Cuma Buat Mempercantik Kulit

Suara.com – Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda membuat lebih sedikit kolagen. Beberapa orang mencoba memulihkan kolagen dengan mengonsumsi suplemen kolagen. Adapun manfaat suplemen kolagen yaitu menjadi berikut.

Diketahui, kolagen merupakan protein yang ditemukan di jaringan ikat di seluruh tubuh. Itu terletak pada kulit, tulang, tendon, dan ligamen. Fungsi utamanya adalah buat membantu jaringan menahan peregangan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen kolagen bisa bermanfaat bagi bagian tubuh tertentu, termasuk: penuaan kulit, kepadatan tulang, & kesehatan sendi. 

Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini manfaat suplemen kolagen yang dilansir menurut situs Verywell Health, Selasa (18/1/2022).

Baca Juga:Ternyata Protein Ini yg Memengaruhi Keinginan Orang Minum Alkohol

Kolagen menciptakan 75% dari berat kemarau kulit Anda. Seiring bertambahnya usia, lapisan dalam kulit Anda kehilangan kolagen dan menjadi kurang elastis dan lebih rentan terhadap kerusakan.

Dengan mengonsumsi suplemen kolagen, kulit akan terhidrasi, memperbaiki penuaan kulit, menaikkan elastisitas, & menyembuhkan luka pada kulit.Ilustrasi suplemen kolagen. (Pixabay)

dua. Mengurangi Pengeroposan Tulang

Sebuah studi 2018 yg diterbitkan di Nutrients menyimpulkan bahwa asupan merek suplemen kolagen tertentu menaikkan kepadatan mineral tulang dalam perempuanpascamenopause. Selain itu, penelitian menyimpulkan bahwa suplementasi dapat meningkatkan pembentukan tulang dan mengurangi pengeroposan tulang. 

Baca Juga:Asupan Protein Berperan Cegah Terinfeksi Covid-19, Begini Cara Kerjanya

Mereka yg mengonsumsi suplemen kolagen memberitahuakn sedikit peningkatan massa bebas lemak. Ini dipercaya terkait menggunakan perbaikan jaringan ikat. Studi tahun 2009 yg diterbitkan pada Journal of American Dietetic Association jua menemukan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen terhidrolisis bisa membantu mempertahankan massa tubuh tanpa lemak.

Kolagen membantu merangsang produksi tulang rawan, bahan karet yg menutupi dan melindungi tulang & membantu persendian beranjak dengan lancar. Produksi keduanya menurun seiring bertambahnya usia. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa suplemen kolagen dapat mengurangi nyeri sendi dan tanda-tanda osteoarthritis lainnya.

Beberapa orang mengonsumsi suplemen kolagen untuk menaikkan kesehatan jantung, meskipun penelitian independen terbatas buat mendukung hal ini. Penelitian menurut Jepang dalam tahun 2017 menyebutkan bahwa ketika suplemen kolagen dikonsumsi secara teratur selama enam bulan, maka kolagen bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung.

Demikian kabar mengenai manfaat suplemen kolagen buat kesehatan tubuh yg menarik untuk diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *