Manfaat Suplemen Vitamin A

Manfaat hadiah vitamin A untuk ibu nifas adalah buat memperoleh kualitas ASI sebagai akibatnya bisa menaikkan sistem kekebalan tubuh & mempercepat proses pemulihan ketika melahirkan.

Manfaat pemebrian vitamin A

Membantu mata dalam penyesuaian diri pada perubahan cahaya jelas ke gelap.

Mencegah selaput lendir mata ketika kekeringan.

Mencegah terhadap kerusakan dalam mata yg berujung menjadi bercak dan kebutaan.

Melindungi kesehatan kulit & selaput lendir pada saluran pernafasan.

Mencegah saluran kemih & saluran pencernaan ketika bakteri atau virus masuk.

Membantu pada perkembangan dan pertumbuhan janin & pembelahan sel.

Dapat menaikkan sistem kekebalan tubuh. 

Dapat menetralisir terhadap radikal bebas akibat kerusakan sel & jaringan, hal ini bersifat antioksidan.

Dari hasil penelitian pemberianvitamin A sebesar 1 kali pada setahun, yaitu pada waktu usia anak 6-59 bulan, mereka bisa terhindar dari kekurangan vitamin A & kebutaan, mengurangi terjadinya risiko kematian pada balita. Bahkan vitamin A bermanfaat untuk mencegah terjadinya komplikasi terhadap penyakit yang sering muncul pada bayi seperti diare & campak. Adapun buat makmenyusui bisa mencegah kebutaan pada pembentukan kualitas ASI yg diharapkan sang bayi.

Apa itu suplementasi vitamin A?

Suplementasi vitamin A adalah galat satu acara imunisasi yang berbentuk kapsul vitamin A bagi usia 6-59 bulan dan ibu nifas, yg berfungsi selain mencegah kebutaan serta menambah vitamin A buat bayi yang kekurangan suplementasi tadi.

Jenis kapsul vitamin A dalam dosis tinggi, meliputi:

Kapsul merah yang mengandung vitamin A 200.000 SI, diberikan dalam balita usia 12 – 59 bulan tiap bulan pebruari dan agustus. Adapun buat bunda nifas diberikan  0 – 42 hari setelah persalinan untuk jumlah hadiah yaitu 2 kali, 1 kapsul pertama saat setelah saat melahirkan dan 1 kapsul yg kedua  diberikan waktu 24 jam sehabis melakukan hadiah kapsul yang pertama.

Sedangkan untuk kapsul yang berwarna biru mengandung vitamin a 100.000 SI dapat diberikan dalam bayi usia 6 – 11 bulan pada jumlah 1 kali ketika bulan Februari & Agustus.

Maka berdasarkan itu, orang tua jangan hingga melewatkan imunisasi vitamin A. Untuk suplementasi vitamin A, bisa Anda diperoleh di posyandu, puskesmas, & pelayanan kesehatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *