11 Manfaat & Efek Samping Suplemen L-arginin

Amazine.co – Online Popular Knowledge

L-arginin (L-arginine) merupakan keliru satu jenis asam amino non-esensial.

Non-esensial berarti bahwa asam amino ini mampu diproduksi oleh tubuh.

Dalam kondisi normal, orang dewasa seharusnya tidak membutuhkan tambahan asupan L-arginin.

Tetapi demikian, pada banyak sekali masalah misalnya tekanan darah tinggi, demensia, nyeri dada, gagal jantung kongestif, disfungsi birahi, & klaudikasio intermiten, seorang mungkin membutuhkan tambahan L-arginin dari luar tubuh.

Itu karena, tersedia suplemen L-arginin buat membantu mengobati berbagai gangguan kesehatan tersebut.

Berikut merupakan fungsi dan manfaat L-arginin:

1. L-arginin menjadi bagian krusial pada proses pembelahan sel. Asam amino ini jua berperan dalam proses pembuangan amonia menurut tubuh.

dua. L-arginin menjadi komponen krusial pada sintesis oksida nitrat (molekul penting buat fungsi sinyal tubuh), ornitin, urea (diharapkan untuk menghilangkan racun seperti amonia), dan agmatin.

3. Asam amino ini memainkan peran krusial dalam divestasi hormon pertumbuhan manusia dari kelenjar pituitari. Itu sebab, anak-anak membutuhkan L-arginin pada jumlah memadai.

4. L-arginin membantu menyembuhkan gangguan seksual & perkara reproduksi. Asam amino ini sanggup membantu masalah ketidaksuburan dalam laki-lakimenggunakan mempertinggi jumlah dan gerak sperma.

5. L-arginin diketahui membantu peredaran darah dalam berbagai organ terutama organ seksual sehingga menaikkan kemampuan reproduksi.

6. Senyawa ini mengurangi ketika yg diharapkan buat menyembuhkan cedera tulang dan kerusakan jaringan lantaran peran pentingnya pada pembelahan sel.

7. L-arginin jua bertindak menjadi stimulan & booster pada produksi T-limfosit (sel darah putih yg membangun sistem pertahanan tubuh) berdasarkan kelenjar timus.

8. Asam amino ini diketahui mengurangi intensitas penyakit jantung dan hipertensi dengan mengurangi tekanan darah.

9. L-arginin menaikkan massa otot menggunakan membantu produksi kreatin sekaligus mampu mengurangi timbunan lemak.

10. L-arginin terbukti efektif pada pengobatan gagal jantung kongestif, nyeri dada, radang kandung kemih, sekaligus membantu pasien HIV / AIDS dalam menaikkan respon kekebalan tubuh.

11. Asam amino ini efektif membantu pemulihan pasien yg menjalani transplantasi ginjal.

Selain sejumlah manfaat, suplemen L-arginin pula memiliki imbas samping bagi tubuh.

Uji klinis memberitahuakn bahwa kemampuan pemompaan jantung dalam pasien serangan jantung bisa terpengaruh secara negatif akibat suplemen L-arginin.

Itu sebab, orang yang baru sembuh berdasarkan agresi jantung disarankan menghindari konsumsi L-arginin.

Beberapa efek samping lain yang dilaporkan sehabis konsumsi suplemen L-arginin diantaranya adalah penurunan tekanan darah, diare, sakit perut, reaksi alergi yang menyebabkan radang saluran udara, peningkatan kemungkinan herpes, asam urat, dan kelainan darah dalam masalah yang sporadis.

Oleh karena itu, orang yg menderita sirosis hati, tekanan darah rendah, terinfeksi herpes, & sedang menunggu untuk menjalani operasi wajibmenghindari penggunaan L-arginin.

Beberapa penelitian juga mengungkapkan pasien asma usahakan tidak mengonsumsi suplemen ini karena bisa memicu peradangan di paru-paru sehingga memperburuk asma.

Direkomendasikan pula bahwa wanita hamil dan menyusui menghindari asupan suplemen ini.

Dosis akbar bisa menjadikan fatal bagi bayi dan dosis L-arginin (L-arginine) tanpa resep dokter nir dianjurkan.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *