Simak Hal yang Bisa Membuat AC tidak Dingin

7 Penyebab AC Tidak Dingin, Bikin Ruangan Jadi Panas

Saat ini sudah banyak sekali rumah-rumah yang menggunakan AC untuk membuat ruangannya menjadi dingin. Jika memiliki AC di rumah maka Anda ini akan merasa sangat nyaman di rumah ketika cuaca sedang terik dan panasnya ini hingga masuk ke rumah.

Tidak selamanya AC yang Anda punya ini bisa berfungsi dengan normal, kadang ada beberapa masalah yang timbul misalnya AC yang tidak dingin. AC ini harus kita perhatikan juga, karena seperti yang kita tahu bahwa tidak ada mesin yang bisa beroperasi tanpa di rawat oleh manusia.

Sama dengan kendaraan AC juga butuh perawatan yang rutin supaya bisa bekerja dengan maksimal. Jika unit AC yang Anda punya ini tidak di rawat dengan maksimal mala kemampuan untuk mendinginkannya jadi tidak maksimal. Terdapat beberapa penyebab AC tidak dingin yang harus Anda ketahui, diantaranya:

  • Unit Pendingin Kotor

Salah satu penyebab yang paling umum adalah AC tidak dingi karena unit dari pendinginnya kotor dan sangat jarang untuk di bersihkan. Jika Anda tinggal di daerah yang cukup berdebu Anda ini harus rajin membersihkan AC Anda. lihatla filter AC Anda,jika filternya sudah kotor maka sebaiknya segera Ada bersihkan atau Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

  • Kurangnya Gas Pendingin

Jika Anda ingin membeli AC sebaiknya Anda ini perhatikan spesifikasi dari unit yang akan Anda beli, periksalah AC ini apa masih menggunakan gas Freon atau sudah memakai  Puron. Hal ini cukup penting untuk Anda ketahui karena Anda ini tidak boleh salah saat mengisi gasnya. Coba periksa kapasitas dari gas pendingin AC Anda setiap 6 bulan sekali.

  • Terjadi Kebocoran Gas Pendingin

Kebocoran ini memang sering sekali terjadi, hal ini bisa membuat gas jadi tidak bisa masuk dengan sempurna ke AC dan membuat AC di rumah jadi tidak dingin. Coba periksa, jika Anda ini mendengar suara desis maka artinya saluran gas ini ada yang bocor. Pastikan untuk mengganti saluran gas yang sudah rusak dengan yang baru dan pasanglah dengan sempurna.

  • Situasi Luar Rumah yang Terlalu Panas

Jika Anda tinggal pada daerah yang sangat pana maka kemampuan dari AC juga bisa berkurang. Hal ini memang cukup umum terjadi, apalagi bagi Anda yang tinggal di daerah pantai. Jika hal ini terjadi sebaiknya pastika unit luar AC Anda ada di tempat yang teduh dan tidak sinar matahari langsung.

  • Sistem Evaporator yang Membeku

Jika Anda ini masih memakai pendingin udara yang sudah lama dan tidak dingin lagi, hal ini bisa disebabkan oleh sistem evaporator yang ada di dalam AC jadi tidak belu lagi karena telah di pakai dalam waktu yang lama. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya Anda ini coba pasang AC dengan timer supaya tidak bekerja terus-terusan jika ruangannya sudah dingin.

  • Sistem Kelistrikan yang Bermasalah

Sistem kelistrikan juga sangat penting untuk Anda perhatikan, jika AC ini di pasang dengan cara yang tidak tepat maka hal ini bisa membuat masalah untuk kemampuan mendinginkan ACnya bukan hanya itu jika sistem kelistrikannya salah maka bisa membuat korsleting dan bisa sangat bahaya saat Anda pakai.

  • Pengaturan AC yang Salah

Di dalam AC ini ada banyak sekali pengaturan yang bisa Anda pilih, jika Anda ini salah memiliki opsi di unit AC hal tersebut bisa membuat udara yang keluar tidak dingin, jadi baca buku manual dengan baik supaya hal ini tidak terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *