Anti Bau Apek, Ini 8 Tips Membuat Lemari Pakaian Selalu Wangi

HAUGA kombinasi lemari pakaian, putih, 258x55x199 cm | IKEA Indonesia

Apa Anda sering merasa kalau pakaian Anda bau apek padahal sudah dicuci? Ini bisa disebabkan oleh jamur di lemari Anda. Lemari yang jarang dibersihkan bisa menumbuhkan jamur dan menimbulkan bau tak sedap.

Ingin lemari dan pakaian selalu wangi? Yuk intip tips di bawah ini!

 

  1. Angin-anginkan Lemari Setelah Dibersihkan

Setelah membersihkan lemari, jangan langsung memasukkan pakaian ke dalam lemari, tetapi biarkan lemari terbuka dan kosong selama satu atau dua hari. Ini akan membantu lemari untuk bernafas dan mengalirkan udara yang masuk ke dalam lemari.

Sehingga mengurangi bau tidak sedap secara menyeluruh.

 

  1. Lapisi dengan Pernis atau Melamin

Tentunya saat Anda membeli lemari pakaian, lemari tersebut sudah melalui tahap finishing dengan pernis atau melamin. Sayangnya, ini tidak dapat mencegah pembentukan jamur saat Anda memakainya.

Jika lemari Anda berjamur, segera bersihkan dan tutup setiap sisi lemari kayu dengan pernis atau melamin. Metode ini berguna untuk menghilangkan jamur dan mencegahnya kembali.

 

  1. Rutin Membersihkan Lemari

Tips agar lemari anda tetap harum, adalah membersihkannya dengan hati-hati secara rutin. Caranya sangat sederhana, keluarkan semua pakaian dari dalam lemari kemudian gunakan kemoceng untuk menghilangkan debu yang mengendap.

Ingatlah bahwa jamur dapat tumbuh di lemari yang lembab, jadi jangan biarkan lemari dalam kondisi basah digunakan.

 

  1. Letakan Kapas dengan Parfum di Dalam Lemari

Jika bau tidak sedap hilang, coba oleskan beberapa lembar kapas yang ditaburi parfum favorit Anda. Letakkan kapas di beberapa sudut lemari agar aromanya terpancar maksimal.

Jika sudah merasa baunya mereda, sebaiknya ulangi cara ini. Pakaian Anda dijamin selalu wangi, meski belum disemprot parfum langsung.

 

  1. Menggunakan Ampas Kopi

Selain kapas yang disemprot dengan parfum, Anda juga bisa menggunakan ampas kopi untuk membuat lemari pakaian Anda harum. Bubuk kopi dapat mengambil bau tidak sedap dari lemari Anda.

Caranya cukup sederhana, masukkan ampas kopi ke dalam wadah tertutup, tapi buatlah beberapa lubang dan simpan di lemari. Untuk menjaga aroma bubuk kopi tetap segar, daur ulang bubuk kopi minimal sebulan sekali.

 

  1. Gunakan Produk yang Dapat Menyerap Kelembaban

Kelembapan merupakan salah satu faktor penyebab jamur pada lemari. Namun, jika Anda tidak ingin membeli dehumidifier, karena harganya juga cukup mahal, Anda bisa membeli produk penyerap kelembapan yang sudah banyak tersedia di supermarket dan toko online.

Produk tersebut bisa menyerap kelembaban pada lemari Anda sehingga lemari tetap kering.

 

  1. Pasang Lampu di Dekat Lemari

Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab jamur dan abu apek di lemari adalah kurangnya penerangan di ruangan tempat lemari diletakkan? Pencahayaan dengan neon dapat memberikan pencahayaan yang dapat mengusir jamur.

Pertama-tama bersihkan jamur di lemari Anda, lalu pasang lampu neon di lemari. Membeli lemari dengan lampu yang menyala otomatis saat pintu dibuka juga bisa menjadi solusi untuk mencegah tumbuhnya jamur.

 

  1. Gunakan Soda Kue

Tidak hanya ampas kopi yang bisa menyerap bau tak sedap, baking soda juga efektif menyerap bau tak sedap di lemari. Memasukkan soda kue ke dalam lemari bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga agar lemari tetap harum.

Campurkan soda kue dengan air secukupnya dalam cangkir. Kemudian simpan di setiap sudut lemari Anda dan biarkan selama beberapa hari agar bau tak sedap bisa menguap dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *