MENGENAL APLIKASI YOUTUBE DAN MANFAATNYA

Youtube merupakan sebuah website untuk berbagi video yang mereka miliki. Ada berbagai macam video yang dapat diunggah ke web ini, contohnya video klip musik, pilm pendek, pilm televisi, pilm trailer, video edukasi, video blog milik para vlogger, video tutorial berbagai macam aktivitas, dan masih banyak lagi. Jika seseorang ingin membuat video tertentu, biasanya web yang paling utama dicari adalah youtube, karena youtube sudah terkenal dengan teknologi canggihnya.

 

Ada banyak fitur di youtube yang masih belum diketahui orang. Kebanyakan dari mereka hanya untuk mencari hiburan dan menonton video saja tanpa mencari tahu fitur-fitur di dalamnya. Tetapi alangkah baiknya jika Anda juga mengetahui apa-apa  saja fitur yang dimiliki Youtube. 

Fitur Pada Youtube Serta Manfaatnya adalah sebagai berikut:

  1. Tombol Notifikasi Channel Youtube, untuk memberikan notifikasi kepada Anda bahwa channel tersebut mengunggah video baru. Biasanya digunakan oleh orang yang tidak ingin ketinggalan informasi.

  2. Menonton Video yang Berhubungan, contoh ketika Anda sedang menonton sebuah video A dengan layar penuh, cobalah untuk menggeser layar ke bawah atau swipe up. Akan muncul beberapa video lain yang bisa kamu tonton.

  3. Mempersingkat Menonton Video, dengan cara klik dua kali pada bagian tengah layar ketika masih menonton video. Ada beberapa orang yang ingin mempercepat video dengan melompati durasinya.

Cara Mengunduh Video dari Youtube

Video-video di atas bisa Anda unduh dengan menggunakan beberapa cara berikut. Jika sudah selesai mendownload, maka anda tinggal langsung menonton videonya saja tanpa harus menggunakan paket paket data internet. 

Cara mengunduhnya adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan Y2mate untuk mengunduh video atau audio. Cara menggunakannya cukup masuk ke website resminya dan copy link konten yang ingin diunduh. Setelah itu pilih menu download.

  2. Savefrom.net menjadi alternatif lain jika Y2mate tidak bisa diakses. Caranya, buka link resminya setelah itu salin alamat URL di kolom yang sudah tersedia. Proses download ini bisa dilakukan dengan cepat.

Sekarang anda dapat menonton video edukasi di Youtube agar tidak bosan. Mengisi waktu luang anda sambil duduk-duduk santai dan wawasan anda juga akan bertambah. 

Ada beberapa Manfaat Youtube diantaranya adalah sebagai berikut:

Selama ini, banyak orang menggunakan Youtube hanya untuk mencari hiburan mereka. Padahal, dengan memiliki akun sendiri dan membuat video yang kreatif, seseorang bisa juga mendapatkan penghasilan tambahan dari video yang sudah dimilikinya. Dikutip dari Tengahviral inilah manfaat youtube selain untuk hiburan :

1. Mencari Penghasilan Melalui Google AdSense

Jika video-video yang kita download mempunyai banyak penggemar atau banyak yang menonton, daftarkan saja akun youtube ke Google AdSense yang akan membayar Anda setiap kali ada orang yang mengklik iklan sebelum video ditayangkan (terkadang di tengah-tengah video).

2. Mempromosikan Perusahaan/Profil Individu

Di jaman sekarang ini, sudah banyak perusahaan atau instansi yang memiliki video profilnya sendiri. Setiap orang juga dituntut untuk lebih kreatif mempromosikan dirinya melalui video CV. Youtube dapat menjadi tempat yang baik untuk menampung profil berbagai macam perusahaan dan individu agar memiliki karakteristik yang baik bagi siapa saja yang menontonnya sekaligus hal ini untuk keperluan internet marketing.

3. Menonton Tayangan Berita yang Terlewat

Stasiun televisi saat ini juga sudah membuat akun official tersendiri untuk mendokumentasikan berbagai acara yang telah ditayangkan, contohnya berita. Jadi tidak ada lagi istilah ketinggalan berita, karena semua yang tertinggal bisa kita putar ulang melalui video-video yang ada dalam Youtube.

Jadi itulah pengertian youtube beserta manfaat dan fitur-fiturnya. Youtube memang membawa perubahan besar di masa kini. Dengan adanya fitur-fitur yang semakin lengkap, pengguna Youtube semakin dimanjakan untuk mengenal dunia melalui video yang diunggah oleh sesama pengguna.