Panorama Eksotis Nepal van Java dari Lereng Gunung Sumbing

5 Hal Menarik di Dusun Butuh 'Nepal Van Java' Magelang, Cocok untuk Wisata  selepas Sahur | Indozone.id

Nepal van Java merupakan julukan sebuah dusun di daerah Magelang yang bertransformasi menjadi wisata berkat keindahan panoramanya. Berlokasi Desa Temanggung, Kaliangkrik, berikut beberapa spot yang harus Anda dapatkan ketika melancong ke Jawa Tengah, simak hingga tuntas!

  • Jelajah Kampung Butuh yang Penuh Warna

Dulu, jika ingin berlibur ke luar negeri dan menikmati perkampungan sejuk dan penuh warna seperti di Nepal, butuh biaya yang tidak sedikit. Namun, sekarang tidak lagi.

Keindahan tersebut dapat dinikmati hanya dengan mengeluarkan kocek beberapa ribu rupiah saja. Kampung Butuh yang letaknya tidak jauh dari Lereng Gunung Sumbing mulai dikenal masyarakat sejak keunikan bangunan masyarakatnya terekspos.

Bangunan warna-warni itu kini dapat dijelajahi wisatawan lokal maupun internasional yang sedang berlibur di Magelang.

  • Eksotisme Panorama Gunung Sumbing

Sebelum sampai di Dusun Butuh, wisatawan akan disuguhi eksotisme lanskap dari lereng Gunung Sumbing. Keindahan yang terlihat dari titik ini juga tidak kalah indah dari Dusun Butuh.

Sehingga, turis lokal maupun internasional wajib menyiapkan kameranya jika tidak ingin menyia-nyiakan indahnya alam di Kaliangkrik. Turis dapat menjadikan spot foto dengan latar belakang Kampung Butuh yang sangat instagramable.

  • Nikmati Udara yang Sejuk

Selain keindahan lingkungan sekitar berkat kebersihan dan keasriannya, Dusun Butuh juga punya suhu udara yang begitu sejuk. Di tempat ini, wisatawan akan dimanjakan dengan udara segar yang menyehatkan.

Sembari menikmati udara pagi yang sejuk, Anda bisa menikmati keindahan lainnya. Yaitu, matahari pagi dengan sinar orangenya.

  • Spot Matahari Terbit

Bagi Anda penikmat sunrise, jangan lewatkan indahnya matahari terbit dari Nepal van Java. Cukup dengan secangkir teh hangat atau kopi hangat, Anda bisa menikmati suasana yang begitu menenangkan.

Untuk menikmati keindahan ini, wisatawan dapat bermalam di penginapan yang tersedia di wilayah ini. Selain menikmati pagi hari, suasana malam juga tidak kalah menarik untuk dinikmati wisatawan.

  • Kuliner di Wilayah Setempat

Selain menikmati suasana dan panorama yang ada, wisatawan juga bisa merasakan beberapa kuliner di Nepal van Java. Warung di Desa Butuh banyak menjual makanan tradisional sehingga selain merasakan nikmatnya alam, Anda juga bisa mencicipi jajanan lokal.

Anda tidak perlu khawatir untuk biaya makan saat berlibur ke kawasan ini, sebab setiap makanannya dipatok dengan harga sangat terjangkau. Setiap hal yang ingin Anda nikmati di Dusun Butuh dapat dirasakan dengan harga murah.

  • Warga yang Ramah

Spot terakhir yang boleh Anda coba abadikan adalah warga sekitar. Anda dapat mengambil spot kegiatan warga atau berfoto dengan masyarakat agar punya kenangan mendalam dengan lokasi ini.

Anda tidak perlu khawatir dengan sikap warganya, sebab masyarakat di sini sangat ramah terhadap para wisatawan. Dengan mengabadikan kegiatan bersama warga, Anda dijamin selalu merindukan tempat ini, lagi dan lagi.

  • Berapa Harga Tiket Masuk?

Kabarnya, harga tiket masuk ke lokasi wisata ini hanyalah Rp5 ribu hingga Rp8 ribuan saja. Kemudian, untuk parkir, Anda hanya perlu membayar biaya keamanan sekitar Rp2 ribu sampai dengan Rp5 ribuan saja, sangat murah bukan?

  • Rute Menuju Kaliangkrik

Untuk sampai di tempat ini, Anda dapat memilih rute Semarang atau Yogyakarta jika menggunakan kereta api. Jika sudah sampai, Anda dapat mencari kendaraan menuju Kota Magelang atau langsung mencapai lokasi Dusun Butuh.

Nah, itulah beberapa spot yang jangan sampai Anda lewatkan ketika berkunjung atau berlibur ke Nepal van Java, Nepal-nya Pulau Jawa. Bagaimana, tertarik mengunjungi lokasi ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *